Al Asmâ ul Husnâ (الأَسْمَاءُ الْحُسْنَى) adalah nama-nama yang indah Allah subhânahu wa ta’âla
Pengertian Asmaul Husna terdiri dari 2 kata yaitu Asma berarti nama dan Husna berarti baik atau indah, sehingga bisa diartikan bahwa definisi asmaul husna dan artinya secara harfiah adalah nama-nama gelar milik Allah yang baik, indah, mulia dan agung sesuai dengan Sifat-sifat Allah.
Artinya : Katakanlah (olehmu Muhammad) “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al Asmaaul Husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu”. (Q.S Al-Israa’ : 110)
Artinya : Hanya milik Allah Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama yang baik itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS. Al-A’raaf : 180).
إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا مِائَةً إِلَّا وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ
Artinya : “Sesungguhnya Allah mempunyai 99 (sembilan puluh sembilan) nama, yaitu seratus kurang satu. Barangsiapa yang menghitungnya (menghafal seluruhnya), niscaya ia masuk surga”
Dalam lain riwayat :
مَنْ حَفِظَهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ
Artinya : “Barangsiapa yang menghapalnya, niscaya ia masuk surga”
(Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 6410 dan Muslim no. 2677, dari hadits Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu)
Berikut dibawah ini tabel asmaul husna dan artinya bahasa indonesia, diurutkan teks asmaul husna latin dan tulisan arab untuk kemudahan membaca dan menghafalnya.
No. | Nama | Arab | Indonesia |
---|---|---|---|
Allah | الله | Allah | |
1 | Ar Rahman | الرحمن | Yang Maha Pengasih |
2 | Ar Rahiim | الرحيم | Yang Maha Penyayang |
3 | Al Malik | الملك | Yang Maha Merajai/Memerintah |
4 | Al Quddus | القدوس | Yang Maha Suci |
5 | As Salaam | السلام | Yang Maha Memberi Kesejahteraan |
6 | Al Mu`min | المؤمن | Yang Maha Memberi Keamanan |
7 | Al Muhaimin | المهيمن | Yang Maha Pemelihara |
8 | Al `Aziiz | العزيز | Yang Maha Perkasa |
9 | Al Jabbar | الجبار | Yang Memiliki Mutlak Kegagahan |
10 | Al Mutakabbir | المتكبر | Yang Maha Megah, Yang Memiliki Kebesaran |
11 | Al Khaliq | الخالق | Yang Maha Pencipta |
12 | Al Baari` | البارئ | Yang Maha Melepaskan (Membuat, Membentuk, Menyeimbangkan) |
13 | Al Mushawwir | المصور | Yang Maha Membentuk Rupa (makhluk-Nya) |
14 | Al Ghaffaar | الغفار | Yang Maha Pengampun |
15 | Al Qahhaar | القهار | Yang Maha Memaksa |
16 | Al Wahhaab | الوهاب | Yang Maha Pemberi Karunia |
17 | Ar Razzaaq | الرزاق | Yang Maha Pemberi Rezeki |
18 | Al Fattaah | الفتاح | Yang Maha Pembuka Rahmat |
19 | Al `Aliim | العليم | Yang Maha Mengetahui (Memiliki Ilmu) |
20 | Al Qaabidh | القابض | Yang Maha Menyempitkan (makhluk-Nya) |
21 | Al Baasith | الباسط | Yang Maha Melapangkan (makhluk-Nya) |
22 | Al Khaafidh | الخافض | Yang Maha Merendahkan (makhluk-Nya) |
23 | Ar Raafi` | الرافع | Yang Maha Meninggikan (makhluk-Nya) |
24 | Al Mu`izz | المعز | Yang Maha Memuliakan (makhluk-Nya) |
25 | Al Mudzil | المذل | Yang Maha Menghinakan (makhluk-Nya) |
26 | Al Samii` | السميع | Yang Maha Mendengar |
27 | Al Bashiir | البصير | Yang Maha Melihat |
28 | Al Hakam | الحكم | Yang Maha Menetapkan |
29 | Al `Adl | العدل | Yang Maha Adil |
30 | Al Lathiif | اللطيف | Yang Maha Lembut |
31 | Al Khabiir | الخبير | Yang Maha Mengenal |
32 | Al Haliim | الحليم | Yang Maha Penyantun |
33 | Al `Azhiim | العظيم | Yang Maha Agung |
34 | Al Ghafuur | الغفور | Yang Maha Pengampun |
35 | As Syakuur | الشكور | Yang Maha Pembalas Budi (Menghargai) |
36 | Al `Aliy | العلى | Yang Maha Tinggi |
37 | Al Kabiir | الكبير | Yang Maha Besar |
38 | Al Hafizh | الحفيظ | Yang Maha Memelihara |
39 | Al Muqiit | المقيت | Yang Maha Pemberi Kecukupan |
40 | Al Hasiib | الحسيب | Yang Maha Membuat Perhitungan |
41 | Al Jaliil | الجليل | Yang Maha Mulia |
42 | Al Kariim | الكريم | Yang Maha Mulia |
43 | Ar Raqiib | الرقيب | Yang Maha Mengawasi |
44 | Al Mujiib | المجيب | Yang Maha Mengabulkan |
45 | Al Waasi` | الواسع | Yang Maha Luas |
46 | Al Hakiim | الحكيم | Yang Maha Maka Bijaksana |
47 | Al Waduud | الودود | Yang Maha Mengasihi |
48 | Al Majiid | المجيد | Yang Maha Mulia |
49 | Al Baa`its | الباعث | Yang Maha Membangkitkan |
50 | As Syahiid | الشهيد | Yang Maha Menyaksikan |
51 | Al Haqq | الحق | Yang Maha Benar |
52 | Al Wakiil | الوكيل | Yang Maha Memelihara |
53 | Al Qawiyyu | القوى | Yang Maha Kuat |
54 | Al Matiin | المتين | Yang Maha Kokoh |
55 | Al Waliyy | الولى | Yang Maha Melindungi |
56 | Al Hamiid | الحميد | Yang Maha Terpuji |
57 | Al Muhshii | المحصى | Yang Maha Mengkalkulasi |
58 | Al Mubdi` | المبدئ | Yang Maha Memulai |
59 | Al Mu`iid | المعيد | Yang Maha Mengembalikan Kehidupan |
60 | Al Muhyii | المحيى | Yang Maha Menghidupkan |
61 | Al Mumiitu | المميت | Yang Maha Mematikan |
62 | Al Hayyu | الحي | Yang Maha Hidup |
63 | Al Qayyuum | القيوم | Yang Maha Mandiri |
64 | Al Waajid | الواجد | Yang Maha Penemu |
65 | Al Maajid | الماجد | Yang Maha Mulia |
66 | Al Wahiid | الواحد | Yang Maha Tunggal |
67 | Al Ahad | الاحد | Yang Maha Esa |
68 | As Shamad | الصمد | Yang Maha Dibutuhkan, Tempat Meminta |
69 | Al Qaadir | القادر | Yang Maha Menentukan, Maha Menyeimbangkan |
70 | Al Muqtadir | المقتدر | Yang Maha Berkuasa |
71 | Al Muqaddim | المقدم | Yang Maha Mendahulukan |
72 | Al Mu`akkhir | المؤخر | Yang Maha Mengakhirkan |
73 | Al Awwal | الأول | Yang Maha Awal |
74 | Al Aakhir | الأخر | Yang Maha Akhir |
75 | Az Zhaahir | الظاهر | Yang Maha Nyata |
76 | Al Baathin | الباطن | Yang Maha Ghaib |
77 | Al Waali | الوالي | Yang Maha Memerintah |
78 | Al Muta`aalii | المتعالي | Yang Maha Tinggi |
79 | Al Barri | البر | Yang Maha Penderma |
80 | At Tawwaab | التواب | Yang Maha Penerima Tobat |
81 | Al Muntaqim | المنتقم | Yang Maha Pemberi Balasan |
82 | Al Afuww | العفو | Yang Maha Pemaaf |
83 | Ar Ra`uuf | الرؤوف | Yang Maha Pengasuh |
84 | Malikul Mulk | مالك الملك | Yang Maha Penguasa Kerajaan (Semesta) |
85 | Dzul Jalaali Wal Ikraam | ذو الجلال و الإكرام | Yang Maha Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan |
86 | Al Muqsith | المقسط | Yang Maha Pemberi Keadilan |
87 | Al Jamii` | الجامع | Yang Maha Mengumpulkan |
88 | Al Ghaniyy | الغنى | Yang Maha Kaya |
89 | Al Mughnii | المغنى | Yang Maha Pemberi Kekayaan |
90 | Al Maani | المانع | Yang Maha Mencegah |
91 | Ad Dhaar | الضار | Yang Maha Penimpa Kemudharatan |
92 | An Nafii` | النافع | Yang Maha Memberi Manfaat |
93 | An Nuur | النور | Yang Maha Bercahaya (Menerangi, Memberi Cahaya) |
94 | Al Haadii | الهادئ | Yang Maha Pemberi Petunjuk |
95 | Al Baadii | البديع | Yang Indah Tidak Mempunyai Banding |
96 | Al Baaqii | الباقي | Yang Maha Kekal |
97 | Al Waarits | الوارث | Yang Maha Pewaris |
98 | Ar Rasyiid | الرشيد | Yang Maha Pandai |
99 | As Shabuur | الصبور | Yang Maha Sabar |
Dalam Al Qur’an 99 Asma’ul Husna atau Nama-nama Allah yang Baik dan Indah bersama Sifat-sifat Allah ini dapat ditemukan pada Surah dan Ayat-ayat pada Al Qur’an sebagai berikut ini :
1. Ar-Rahmaan : Yang Maha Pemurah (Al-Fatihah: 3)
2. Ar-Rahiim : Yang Maha Pengasih (Al-Fatihah: 3)
3. Al-Malik : Maha Raja (Al-Mu’minuun: 11)
4. Al-Qudduus : Maha Suci (Al-Jumu’ah: 1)
5. As-Salaam : Maha Sejahtera (Al-Hasyr: 23)
6. Al-Mu’min : Yang Maha Terpercaya (Al-Hasyr: 23)
7. Al-Muhaimin : Yang Maha Memelihara (Al-Hasyr: 23)
8. Al-‘Aziiz : Yang Maha Perkasa (Aali ‘Imran: 62)
9. Al-Jabbaar : Yang Kehendaknya Tidak Dapat Diingkari (Al-Hasyr: 23)
10. Al-Mutakabbir : Yang Memiliki Kebesaran (Al-Hasyr: 23)
11. Al-Khaaliq : Yang Maha Pencipta (Ar-Ra’d: 16)
12. Al-Baari’ : Yang Mengadakan dari Tiada (Al-Hasyr: 24)
13. Al-Mushawwir : Yang Membuat Bentuk (Al-Hasyr: 24)
14. Al-Ghaffaar : Yang Maha Pengampun (Al-Baqarah: 235)
15. Al-Qahhaar : Yang Maha Perkasa (Ar-Ra’d: 16)
16. Al-Wahhaab : Yang Maha Pemberi (Aali ‘Imran: 8)
17. Ar-Razzaq : Yang Maha Pemberi Rezki (Adz-Dzaariyaat: 58)
18. Al-Fattaah : Yang Maha Membuka (Hati) ( Sabaa’: 26)
19. Al-‘Aliim : Yang Maha Mengetahui (Al-Baqarah: 29)
20. Al-Qaabidh : Yang Maha Pengendali (Al-Baqarah: 245)
21. Al-Baasith : Yang Maha Melapangkan (Ar-Ra’d: 26)
22. Al-Khaafidh : Yang Merendahkan (Hadits at-Tirmizi)
23. Ar-Raafi’ : Yang Meninggikan (Al-An’aam: 83)
24. Al-Mu’izz : Yang Maha Terhormat (Aali ‘Imran: 26)
25. Al-Mudzdzill : Yang Maha Menghinakan (Aali ‘Imran: 26)
26. As-Samii’ : Yang Maha Mendengar (Al-Israa’: 1)
27. Al-Bashiir : Yang Maha Melihat (Al-Hadiid: 4)
28. Al-Hakam : Yang Memutuskan Hukum (Al-Mu’min: 48)
29. Al-‘Adl : Yang Maha Adil (Al-An’aam: 115)
30. Al-Lathiif : Yang Maha Lembut (Al-Mulk: 14)
31. Al-Khabiir : Yang Maha Mengetahui (Al-An’aam: 18)
32. Al-Haliim : Yang Maha Penyantun (Al-Baqarah: 235)
33. Al-‘Azhiim : Yang Maha Agung (Asy-Syuura: 4)
34. Al-Ghafuur : Yang Maha Pengampun (Aali ‘Imran: 89)
35. Asy-Syakuur : Yang Menerima Syukur (Faathir: 30)
36. Al-‘Aliyy : Yang Maha Tinggi (An-Nisaa’: 34)
37. Al-Kabiir : Yang Maha Besar (Ar-Ra’d: 9)
38. Al-Hafiizh : Yang Maha Penjaga (Huud: 57)
39. Al-Muqiit : Yang Maha Pemelihara (An-Nisaa’: 85)
40. Al-Hasiib : Yang Maha Pembuat Perhitungan (An-Nisaa’: 6)
41. Al-Jaliil : Yang Maha Luhur (Ar-Rahmaan: 27)
42. Al-Kariim : Yang Maha Mulia (An-Naml: 40)
43. Ar-Raqiib : Yang Maha Mengawasi (Al-Ahzaab: 52)
44. Al-Mujiib : Yang Maha Mengabulkan (Huud: 61)
45. Al-Waasi’ : Yang Maha Luas (Al-Baqarah: 268)
46. Al-Hakiim : Yang Maha Bijaksana (Al-An’aam: 18)
47. Al-Waduud : Yang Maha Mengasihi (Al-Buruuj: 14)
48. Al-Majiid : Yang Maha Mulia (Al-Buruuj: 15)
49. Al-Baa’its : Yang Membangkitkan (Yaasiin: 52)
50. Asy-Syahiid : Yang Maha Menyaksikan (Al-Maaidah: 117)
51. Al-Haqq : Yang Maha Benar (Thaahaa: 114)
52. Al-Wakiil : Yang Maha Pemelihara (Al-An’aam: 102)
53. Al-Qawiyy : Yang Maha Kuat (Al-Anfaal: 52)
54. Al-Matiin : Yang Maha Kokoh (Adz-Dzaariyaat: 58)
55. Al-Waliyy : Yang Maha Melindungi (An-Nisaa’: 45)
56. Al-Hamiid : Yang Maha Terpuji (An-Nisaa’: 131)
57. Al-Muhshi : Yang Maha Menghitung (Maryam: 94)
58. Al-Mubdi’ : Yang Maha Memulai (Al-Buruuj: 13)
59. Al-Mu’id : Yang Maha Mengembalikan (Ar-Ruum: 27)
60. Al-Muhyi : Yang Maha Menghidupkan (Ar-Ruum: 50)
61. Al-Mumiit : Yang Maha Mematikan (Al-Mu’min: 68)
62. Al-Hayy : Yang Maha Hidup (Thaahaa: 111)
63. Al-Qayyuum : Yang Maha Mandiri (Thaahaa: 11)
64. Al-Waajid : Yang Maha Menemukan (Adh-Dhuhaa: 6-8)
65. Al-Maajid : Yang Maha Mulia (Huud: 73)
66. Al-Waahid : Yang Maha Tunggal (Al-Baqarah: 133)
67. Al-Ahad : Yang Maha Esa (Al-Ikhlaas: 1)
68. Ash-Shamad : Yang Maha Dibutuhkan (Al-Ikhlaas: 2)
69. Al-Qaadir : Yang Maha Kuat (Al-Baqarah: 20)
70. Al-Muqtadir : Yang Maha Berkuasa (Al-Qamar: 42)
71. Al-Muqqadim : Yang Maha Mendahulukan (Qaaf: 28)
72. Al-Mu’akhkhir : Yang Maha Mengakhirkan (Ibraahiim: 42)
73. Al-Awwal : Yang Maha Permulaan (Al-Hadiid: 3)
74. Al-Aakhir : Yang Maha Akhir (Al-Hadiid: 3)
75. Azh-Zhaahir : Yang Maha Nyata (Al-Hadiid: 3)
76. Al-Baathin : Yang Maha Gaib (Al-Hadiid: 3)
77. Al-Waalii : Yang Maha Memerintah (Ar-Ra’d: 11)
78. Al-Muta’aalii : Yang Maha Tinggi (Ar-Ra’d: 9)
79. Al-Barr : Yang Maha Dermawan (Ath-Thuur: 28)
80. at-Tawwaab : Yang Maha Penerima Taubat (An-Nisaa’: 16)
81. Al-Muntaqim : Yang Maha Penyiksa (As-Sajdah: 22)
82. Al-‘Afuww : Yang Maha Pemaaf (An-Nisaa’: 99)
83. Ar-Ra’uuf : Yang Maha Pengasih (Al-Baqarah: 207)
84. Maalik Al-Mulk : Yang Mempunyai Kerajaan (Aali ‘Imran: 26)
85. Zuljalaal wa Al-‘Ikraam : Yang Maha Memiliki Kebesaran serta Kemuliaan (Ar-Rahmaan: 27)
86. Al-Muqsith : Yang Maha Adil (An-Nuur: 47)
87. Al-Jaami’ : Yang Maha Pengumpul (Sabaa’: 26)
88. Al-Ghaniyy : Yang Maha Kaya (Al-Baqarah: 267)
89. Al-Mughnii : Yang Maha Mencukupi (An-Najm: 48)
90. Al-Maani’ : Yang Maha Mencegah (Hadits at-Tirmizi)
91. Adh-Dhaarr : Yang Maha Pemberi Derita (Al-An’aam: 17)
92. An-Naafi’ : Yang Maha Pemberi Manfaat (Al-Fath: 11)
93. An-Nuur : Yang Maha Bercahaya (An-Nuur: 35)
94. Al-Haadii : Yang Maha Pemberi Petunjuk (Al-Hajj: 54)
95. Al-Badii’ : Yang Maha Pencipta (Al-Baqarah: 117)
96. Al-Baaqii : Yang Maha Kekal (Thaahaa: 73)
97. Al-Waarits : Yang Maha Mewarisi (Al-Hijr: 23)
98. Ar-Rasyiid : Yang Maha Pandai (Al-Jin: 10)
99. Ash-Shabuur : Yang Maha Sabar
Jadi nama Allah subhânahu wa ta’ala tidak hanya sembilan puluh sembilan saja.
Nama-nama Allah yang Baik dan Indah berikut dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah lebih dari 99 nama yaitu sebagai berikut :
1. Allah (اللهُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Dia mempunyai al asmaa’ul-husnaa (nama-nama yang baik)” [QS. Thaha : 8].
2. Al-‘Adhiim (الْعَظِيمُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar” [QS. Al-Baqarah : 255].
3. Al-‘Afuwwu (الْعَفُوُّ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun” [QS. Al-Mujaadilah : 2].
4. Al-‘Aliim (الْعَلِيمُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan sungguh jika kamu tanyakan kepada mereka: “Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?”, niscaya mereka akan menjawab: “Semuanya diciptakan oleh Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui” [QS. Az-Zukhruf : 9].
“Sebagai rahmat dari Tuhanmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” [QS. Ad-Dukhaan : 6].
5. Al-‘Aliy (الْعَلِيُّ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Demikianlah, karena sesungguhnya Allah, Dia-lah yang hak dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah itulah yang batil; dan sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar” [QS. Luqmaan : 30].
“Dan tiyaitu berguna syafaat di sisi Allah melainkan bagi orang yang telah diizinkan-Nya memperoleh syafaat itu, sehingga apabila telah dihilangkan ketakutan dari hati mereka, mereka berkata: “Apakah yang telah difirmankan oleh Tuhan-mu?” Mereka menjawab: “(Perkataan) yang benar”, dan Dia-lah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar” [QS. Saba’ : 23].
6. Al-‘Aziiz (الْعَزِيزُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Maka tatkala datang adzab Kami, Kami selamatkan Shaalih beserta orang-orang yang beriman bersama dia dengan rahmat dari Kami dan (Kami selamatkan) dari kehinaan di hari itu. Sesungguhnya Tuhanmu Dia-lah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa” [QS. Huud : 66].
“Orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, mempunyai sifat yang buruk; dan Allah mempunyai sifat yang Maha Tinggi; dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” [QS. An-Nahl : 60].
7. Al-A’laa (الأعْلَى)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi” [QS. Al-A’laa : 1].
“Tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridaan Tuhannya Yang Maha Tinggi” [QS. Al-Lail : 20].
8. Al-Ahad (الْأَحَدُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa” [QS. Al-Ikhlaash : 1].
Juga hadits:
Dari Buraidah Al-Aslamiy, ia berkata : Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah mendengar seorang laki-laki mengucapkan dalam doanya : ‘Allaahumma innii as-aluka bi-annii asyhadu annaka antallahu laa ilaha illaa anta, al-ahadush-shamad alladzii lam yalid wa lam yuulad wa lam yakun lahuu kufuwan ahad (Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan bersaksi sesungguhnya Engkau yaitu Allah, tidak ada tuhan yang berhak diibadahi melainkan Engkau. Yang Maha Esa, Yang Tidak membutuhkan sesuatu akan tetapi segala sesuatu membutuhkan-Mu. Tidak beranak dan tidak diperanakkan, tidak ada seorang pun yang menyamai-Mu)”. Lalu Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya. Sungguh, ia telah memohon kepada Allah dengan nama-Nya yang paling agung, yang apabila Ia dimohon doa dengannya, pasti Ia kabulkan. Dan apabila Ia diminta dengannya, pasti Ia berikan” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 3475, Abu Daawud no. 1493, Ibnu Maajah no. 3857, dan yang lainnya; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan At-Tirmidziy 3/432].
9. Al-Akram (الأكْرَمُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah” [Al-‘Alaq : 3].
10. Al-Awwal (الأوَّلُ)
11. Al-Aakhir (الآخِرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Lahir dan Yang Batin” [QS. Al-Hadiid : 3].
12. Al-Baari’ (الْبَارِئُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dia-lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan” [QS. Al-Hasyr : 24].
13. Al-Baasith (الْبَاسِطُ)
Dalilnya yaitu sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
“Sesungguhnya Allah-lah yang membuat ketetapan harga. Ia yaitu Al-Qaabidl (Maha menahan/menyempitkan rizki), Al-Baasith (Maha membentangkan/meluaskan rizki), Ar-Razzaaq (Maha menganugerahkan rizki). Dan sesungguhnya aku berharap menjumpai Rabbku dalam keadaan tiada seorangpun yang menuntut kepadaku (di hadapan Allah) karena suatu kedhaliman yang aku lakukan dalam perkara darah maupun harta” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 1314, Abu Daawud no. 3451, Ibnu Maajah mo. 2200, dan yang lainnya; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan At-Tirmidziy 2/60].
14. Al-Baathin (الْبَاطِنُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Yang Dhaahir dan Yang Batin” [QS. Al-Hadiid : 3].
15. Al-Barr (الْبَرُّ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya. Sesungguhnya Dia-lah Yang melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang” [QS. Ath-Thuur : 28].
16. Al-Bashiir (الْبَصِيرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Sesungguhnya orang-orang yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka tidak ada dalam dada mereka melainkan hanyalah (keinginan akan) kebesaran yang mereka sekali-kali tiada akan mencapainya, maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat” [QS. Al-Mukmin : 56].
“Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat” [QS. Asy-Syuuraa : 11].
17. Adh-Dhaahir (الظَّاهِرُ)
Dalilnya yaitu QS. Al-Hadiid ayat 3 yang telah disebut sebelumnya.
Selain itu juga hadits tentang doa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam saat hendaktidur:
“…..Ya Allah, Engkau yaitu Al-Awwal, tidak ada sesuatu pun yang mendahului-Mu. Engkau yaitu Al-Aakhir, tidak ada sesuatu pun setelah-Mu. Engkau yaitu Adh-Dhaahir, maka tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkau yaitu Al-Baathin, tidak ada sesuatu yang lebih dekat dari-Mu…..” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2713].
18. Dzul-Jalaali wal-Ikraam (ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Maha Agung nama Tuhanmu Yang Mempunyai kebesaran dan karunia” [QS. Ar-Rahmaan : 78].
Juga hadits Tsaubaan radliyallaahu ‘anhu, ia berkata:
“yaitu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam apabila beliau hendak beranjak dari shalatnya, beliau beristighfar kepada Allah tiga kali, kemudian membaca : ‘Allahumma antas-salaam wa minkas-salaam tabaarakta yaa dzal-jalaali wal-ikraam” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 300,dan ia berkata : “Hadits ini hasan shahih”].
19. Al-Fattaah (الْفَتَّاحُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Katakanlah: “Tuhan kita akan mengumpulkan kita semua, kemudian Dia memberi keputusan antara kita dengan benar. Dan Dia-lah Maha Pemberi keputusan lagi Maha Mengetahui” [QS. Saba’ : 26].
20. Al-Ghaalib (الْغَالِبُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan Allah Yang Berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahuinya” [QS. Yuusuf : 21].
21. Al-Ghaffaar (الْغَفَّارُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal shalih, kemudian tetap di jalan yang benar” [QS. Thaha : 82].
Juga hadits:
Dari ‘Aaisyah, ia berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam apabila terbangun di waktu malam (dari tidurnya) mengucapkan : “Laa ilaha illallaah, al-waahidul-qahhaar, rabbus-samaawaati wal-ardli wa maa baina humaa al-‘aziizul-ghaffaar (tidak ada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah, Yang Maha Tunggal lagi Maha Kuasa. Rabb langit-langit dan bumi dan segala sesuatu yang ada di antara keduanya. Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”[Diriwayatkan oleh Ibnu Hibbaan no. 5530, An-Nasaa’iy dalam ‘Amalul-Yaum wal-Lailah no. 863, Al-Haakim 1/540, dan yang lainnya; dishahihkan oleh Al-Arna’uth dalam Takhriij Shahiih Ibni Hibbaan 12/340].
22. Al-Ghafuur (الْغَفُورُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” [QS. Yuunus : 107].
“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun” [QS. Al-Mulk : 2].
23. Al-Ghaniy (الْغَنِيُّ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Kepunyaan Allah-lah segala yang ada di langit dan segala yang ada di bumi. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya lagi Maha Terpuji” [QS. Al-Hajj : 64].
“Kepunyaan Allah-lah apa yang di langit dan yang di bumi. Sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji” [QS. Luqmaan : 26].
24. Al-Haadiy (الْهَادِيُّ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan seperti itulah, telah Kami adakan bagi tiap-tiap nabi, musuh dari orang-orang yang berdosa. Dan cukuplah Tuhanmu menjadi Pemberi petunjuk dan Penolong” [QS. Al-Furqaan : 31].
25. Al-Haafidh (الْحَافِظُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Maka Allah yaitu sebaik-baik Penjaga dan Dia yaitu Maha Penyayang di antara para penyayang” [QS. Yuusuf : 64].
26. Al-Haasib (الْحَاسِبُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan” [QS. Al-Anbiyaa : 47].
27. Al-Hafiidh (الْحَفِيظُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Sesungguhnya Tuhanku yaitu Maha Pemelihara segala sesuatu” [QS. Huud : 57].
“Dan Tuhanmu Maha Memelihara segala sesuatu” [QS. Saba’ : 21].
28. Al-Hakam (الْحَكَمُ)
Dalilnya yaitu sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
“Sesungguhnya Allah yaitu Al-Hakam, dan kepada-Nya lah dikembalikan semua hukum” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 4955, An-Nasaa’iy no. 5387, Al-Bukhaariy dalam Al-Adabul-Mufrad no. 811, dan yang lainnya; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud, 3/216].
29. Al-Hakiim (الْحَكِيمُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Ya’qub berkata: “Hanya dirimu sendirilah yang memandang baik perbuatan (yang buruk) itu. Maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku). Mudah-mudahan Allah mendatangkan mereka semuanya kepadaku; sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” [QS. Yuusuf : 83].
“Bertasbih kepada Allah apa saja yang ada di langit dan apa saja yang ada di bumi; dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” [QS. Ash-Shaff : 1].
30. Al-Haliim (الْحَلِيمُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun” [QS. Al-Baqarah : 235].
Juga hadits:
Dari Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu ‘anhumaa, ia berkata : Saat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengalami kesedihan, beliau membaca : Tidak ada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Yang Maha Agung lagi Maha Penyantun. Tidak ada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb langit dan bumi, serta rabb ‘Arsy yang mulia” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 6345 dan Muslim no. 2730].
31. Al-Hamiid (الْحَمِيدُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Alif, laam raa. (Ini yaitu) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji” [QS. Ibraahiim : 1].
“Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allah; dan Allah Dia-lah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji” [QS. Faathir : 15].
32. Al-Haqq (الْحَقُّ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Maka (Dzat yang demikian) itulah Allah Tuhan kamu Yang Hak; maka tidak ada sesudah kebenaran itu, melainkan kesesatan. Maka bagaimanakah kamu dipalingkan (dari kebenaran)?” [QS. Yuunus : 6].
“(Kuasa Allah) yang demikian itu, yaitu karena sesungguhnya Allah, Dialah (Tuhan) Yang Hak dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain Allah, itulah yang batil, dan sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar” [QS. Al-Hajj : 62].
33. Al-Hasiib (الْحَسِيْبُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan cukuplah Allah sebagai Pengawas (atas persaksian itu)” [QS. An-Nisaa’ : 6].
34. Al-Hayy (الْحَيُّ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya)” [QS. Al-Baqarah : 255].
“Dan bertawakkallah kepada Allah Yang Hidup (Kekal) Yang tidak mati” [QS. Al-Furqaan : 58].
35. Al-Hayiy (الْحَيِيُّ)
Dalilnya yaitu sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
“Sesungguhnya Allah Maha Pemalu dan Pemurah. Ia malu bila seorang lelaki mengangkat kedua tangannya kepada-Nya lalu Dia mengembalikannya dalam keadaan kosong dan hampa” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 3556, Abu Daawud no. 1488, Ibnu Maajah no. 3865, dan yang lainnya; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahih Sunan Abi Daawud 1/409].
36. Al-Jabbaar (الْجَبَّارُ)
Dalilnya yaitu QS. Al-Hasyr : 23 dan sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
تَكُونُ الْأَرْضُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ خُبْزَةً وَاحِدَةً يَتَكَفَّؤُهَا الْجَبَّارُ بِيَدِهِ كَمَا يَكْفَأُ أَحَدُكُمْ خُبْزَتَهُ فِي السَّفَرِ
“Bumi pada hari kiamat akan menjadi satu adonan kue dan dibalikkan oleh Al-Jabbaar dengan tangan-Nya sebagaimana seseorang di antara kalian membalikkan adonan kuenya di saat melakukan safar” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 6520 dan Muslim no. 2792].
37. Al-Jamiil (الْجَمِيلُ)
Dalilnya yaitu sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ
“Sesungguhnya Allah itu yaitu Al-Jamiil, sehingga mencintai keindahan” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 91].
38. Al-Kaafiy (الْكَافِيُّ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
أَلَيْسَ اللَّهُ بِكَافٍ عَبْدَهُ
“Bukankah Allah cukup untuk melindungi hamba-hamba-Nya” [QS. Az-Zumar : 36].
39. Al-Kabiir (الْكَبِيرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
ذَلِكُمْ بِأَنَّهُ إِذَا دُعِيَ اللَّهُ وَحْدَهُ كَفَرْتُمْ وَإِنْ يُشْرَكْ بِهِ تُؤْمِنُوا فَالْحُكْمُ لِلَّهِ الْعَلِيِّ الْكَبِيرِ
“Yang demikian itu yaitu karena kamu kafir apabila Allah saja yang disembah. Dan kamu percaya apabila Allah dipersekutukan, maka putusan (sekarang ini) yaitu pada Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar” [QS. Al-Mukmin : 12].
40. Al-Kariim (الْكَرِيمُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
أَيُّهَا الإنْسَانُ مَا غَرَّكَ بِرَبِّكَ الْكَرِيمِ
“Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah” [QS. Al-Infithaar : 6].
41. Al-Khaaliq (الْخَالِقُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
اللَّهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ وَكِيلٌ
“Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia memelihara segala sesuatu” [QS. Az-Zumar : 62].
Juga QS. Al-Hasyr : 24.
42. Al-Khabiir (الْخَبِيرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ وَهُوَ الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ
“Dia mengetahui yang gaib dan yang nampak. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui” [QS. Al-An’aam : 73].
فَلَمَّا نَبَّأَهَا بِهِ قَالَتْ مَنْ أَنْبَأَكَ هَذَا قَالَ نَبَّأَنِيَ الْعَلِيمُ الْخَبِيرُ
“Maka tatkala (Muhammad) memberitahukan pembicaraan (antara Hafshah dan Aisyah) lalu Hafshah bertanya: “Siapakah yang telah memberitahukan hal ini kepadamu?” Nabi menjawab: “Telah diberitahukan kepadaku oleh Allah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” [QS. At-Tahriim : 3].
43. Al-Khallaaq (الْخَلاَّقُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
إِنَّ رَبَّكَ هُوَ الْخَلاَّقُ الْعَلِيمُ
“Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah Yang Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui” [QS. Al-Hijr : 86].
44. Al-Lathiif (اللَّطِيفُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
لا تُدْرِكُهُ الأبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الأبْصَارَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ
“Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui” [Al-An’aam : 103].
أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ
“Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan dan rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?” [QS. Al-Mulk : 14].
45. Al-Majiid (الْمَجِيدُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
قَالُوا أَتَعْجَبِينَ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ رَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الْبَيْتِ إِنَّهُ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
“Para malaikat itu berkata: “Apakah kamu merasa heran tentang ketetapan Allah? (Itu yaitu) rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah” [QS. Huud : 73].
46. Al-Maliik (الْمَلِيكُ)
47. Al-Muqtadir (الْمُقْتَدِرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
فِي مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيكٍ مُقْتَدِرٍ
“Di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Berkuasa” [QS. Al-Qamar : 55].
48. Al-Malik (الْمَلِكُ)
49. Al-Mu’min (الْمُؤْمِنُ)
50. Al-Muhaimin (الْمُهَيْمِنُ)
51. Al-Mutakabbir (الْمُتَكَبِّرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
هُوَ اللَّهُ الَّذِي لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ
“Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan” [QS. Al-Hasyr : 23].
52. Al-Mannaan (الْمَنَّانُ)
Dalilnya yaitu doa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِأَنَّ لَكَ الْحَمْدَ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ الْمَنَّانُ بَدِيعُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ، يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ إِنِّي أَسْأَلُكَ
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan (bersaksi) bahwa bagi-Mu segala pujian, tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Engkau. (Engkaulah) Al-Mannaan (yang Maha Mengaruniai nikmat), yang menciptakan langit dan bumi (tanpa ada penciptaan seperti itu sebelumnya). Wahai Pemilik Keagungan dan Kemuliaan, wahai Yang Maha Hidup, wahai yang Maha Mengurus segala sesuatu, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu” [Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no. 1300; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan An-Nasaa’iy1/416].
53. Al-Matiin (الْمَتِينُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ
“Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Maha Kokoh” [QS. Adz-Dzaariyaat : 58].
Juga hadits:
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: أَقْرَأَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنِّي أَنَا الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ
Dari Ibnu Mas’uud, ia berkata : “Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallammembacakan kepadaku firman Allah : ‘Sesungguhnya Aku yaitu Maha Pemberi Rizki, yang Mempunyai Kekuatan lagi Maha Kokoh” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 2940, Abu Daawud no. 3993, An-Nasaa’iy no. 547, dan yang lainnya; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan At-Tirmidziy 3/173].
54. Al-Maulaa (الْمَوْلَى)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآَتُوا الزَّكَاةَ وَاعْتَصِمُوا بِاللَّهِ هُوَ مَوْلَاكُمْ فَنِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرُ
“Maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia yaitu Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong” [QS. Al-Hajj : 78].
55. Al-Mu’akhkhir (الْمُؤَخِّرُ)
Dalilnya yaitu doa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam setelah usai shalat:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَسْرَفْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ
“Ya Allah ampunilah dosaku yang lalu dan akan datang, yang tersembunyi dan yang terang-terangan, serta dosa lain yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkau Yang mendahulukan dan Yang mengakhirkan. Tidak ada tuhan yang berhak diibadahi kecuali Engkau” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 1509, Ibnu Khuzaimah no. 723 & 743, Ibnu Hibbaan no. 1966 & 2025, dan yang lainnya; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud 1/413].
56. Al-Mu’thiy (الْمُعْطِي)
Dalilnya yaitu sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ وَاللَّهُ الْمُعْطِي وَأَنَا الْقَاسِمُ
“Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan baginya, niscaya Ia akan memberinya kepahaman dalam agama, dan Allah Yang memberi sedangkan akulah yang membagi…” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 3116].
57. Al-Mubiin (الْمُبِينُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
أَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ الْمُبِينُ
“Bahwa Allah lah Yang Benar, lagi Yang menjelaskan (segala sesuatu menurut hakikat yang sebenarnya)” [QS. An-Nuur : 25].
58. Al-Muhiith (الْمُحِيطُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
وَلِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ مُحِيطًا
“Kepunyaan Allah-lah apa yang di langit dan apa yang di bumi, dan yaitu (pengetahuan) Allah Maha Meliputi segala sesuatu” [QS. An-Nisaa’ : 126].
59. Al-Mujiib (الْمُجِيبُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
إِنَّ رَبِّي قَرِيبٌ مُجِيبٌ
“Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)” [QS. Huud : 61].
60. Al-Muqaddim (الْمُقَدِّمُ)
Dalilnya yaitu doa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam saat tahajjud:
…..اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَوْ لَا إِلَهَ غَيْرُكَ
“…….Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku kembali, dengan hujjah-Mu aku bertikai, kepada-Mu aku memohon putusan hukuman. Ampunilah dosaku yang lalu dan akan datang, yang tersembunyi dan yang terang-terangan. Engkau Yang mendahulukan dan Yang mengakhirkan. Tidak ada tuhan yang berhak diibadahi kecuali Engkau” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 1120 & 6317].
61. Al-Muqiit (الْمُقِيتُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
وَكَانَ اللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ مُقِيتًا
“Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu” [QS. An-Nisaa’ : 85].
62. Al-Mushawwir (الْمُصَوِّرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الأسْمَاءُ الْحُسْنَى
“Dia-lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-Nama Yang Paling baik” [QS. Al-Hasyr : 24].
63. Al-Musta’aan (الْمُسْتَعَانُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
قَالَ رَبِّ احْكُمْ بِالْحَقِّ وَرَبُّنَا الرَّحْمَنُ الْمُسْتَعَانُ عَلَى مَا تَصِفُونَ
“(Muhammad) berkata: “Ya Tuhanku, berilah keputusan dengan adil. Dan Tuhan kami ialah Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Yang dimohonkan pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu katakan” [QS. Al-Anbiyaa’ : 112].
فَصَبْرٌ جَمِيلٌ وَاللَّهُ الْمُسْتَعَانُ عَلَى مَا تَصِفُونَ
“Maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku). Dan Allah sajalah Yang dimohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu ceritakan” [QS. Yuusuf : 18].
64. Al-Muta’aaliy (الْمُتَعَالِيُّ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ الْكَبِيرُ الْمُتَعَالِ
“Yang mengetahui semua yang gaib dan yang nampak; Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi” [QS. Ar-Ra’d : 9].
65. An-Naashir (النَّاصِرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
بَلِ اللَّهُ مَوْلاكُمْ وَهُوَ خَيْرُ النَّاصِرِينَ
“Tetapi (ikutilah Allah), Allahlah Pelindungmu, dan Dia-lah sebaik-baik Penolong” [QS. Al-An’aam : 150].
66. An-Nashiir (النَّصِيرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
وَإِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَوْلاكُمْ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرُ
“Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia yaitu sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong” [QS. Al-Anfaal : 40].
67. Al-Qaabidl (الْقَابِضُ)
Dalilnya yaitu sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمُسَعِّرُ الْقَابِضُ الْبَاسِطُ الرَّزَّاقُ
“Sesungguhnya Allah-lah yang membuat ketetapan harga. Ia yaitu Al-Qaabidl (Maha menahan/menyempitkan rizki), Al-Baasith (Maha membentangkan/meluaskan rizki), Ar-Razzaaq (Maha menganugerahkan rizki)….” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 1314, Abu Daawud no. 3451, Ibnu Maajah mo. 2200, dan yang lainnya; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan At-Tirmidziy 2/60].
68. Al-Qaadir (الْقَادِرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
فَقَدَرْنَا فَنِعْمَ الْقَادِرُونَ
“Lalu Kami tentukan (bentuknya), maka Kami-lah sebaik-baik Yang menentukan” [QS. Al-Mursalaat : 23].
69. Al-Qaahir (الْقَاهِرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ وَهُوَ الْحَكِيمُ الْخَبِيرُ
“Dan Dialah Yang Berkuasa atas sekalian hamba-hamba-Nya. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui” [QS. Al-An’aam : 18].
70. Al-Qadiir (الْقَدِيرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
إِنْ تُبْدُوا خَيْرًا أَوْ تُخْفُوهُ أَوْ تَعْفُوا عَنْ سُوءٍ فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ عَفُوًّا قَدِيرًا
“Jika kamu menyatakan sesuatu kebaikan atau menyembunyikan atau memaafkan sesuatu kesalahan (orang lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Kuasa” [QS. An-Nisaa’ : 149].
71. Al-Qahhaar (الْقَهَّارُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
سُبْحَانَهُ هُوَ اللَّهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ
“Maha Suci Allah. Dia-lah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan” [QS. Az-Zumar : 4].
72. Al-Qariib (الْقَرِيبُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ
“Bahwasanya Aku yaitu dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku” [Al-Baqarah : 186].
73. Al-Qawiy (الْقَوِيُّ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
اللَّهُ لَطِيفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيزُ
“Allah Maha Lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa” [QS. Asy-Syuuraa : 19].
74. Al-Qayyuum (الْقَيُّومُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ
“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya” [QS. Aali ‘Imraan : 2].
وَعَنَتِ الْوُجُوهُ لِلْحَيِّ الْقَيُّومِ وَقَدْ خَابَ مَنْ حَمَلَ ظُلْمًا
“Dan tunduklah semua muka (dengan berendah diri) kepada Tuhan Yang Hidup Kekal lagi senantiasa mengurus (makhluk-Nya). Dan sesungguhnya telah merugilah orang yang melakukan kedhaliman” [QS. Thaha : 111].
75. Al-Qudduus (الْقُدُّوسُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
يُسَبِّحُ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ الْعَزِيزِ الْحَكِيمِ
“Senantiasa bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” [QS. Al-Jum’ah : 1].
Juga dalam dzikir setelah shalat witir sebagaimana hadits Ubay bin Ka’bradliyallaahu ‘anhu:
أَنّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُوتِرُ بِثَلَاثِ رَكَعَاتٍ، كَانَ يَقْرَأُ فِي الْأُولَى بِ سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَفِي الثَّانِيَةِ بِ قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ وَفِي الثَّالِثَةِ بِ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ وَيَقْنُتُ قَبْلَ الرُّكُوعِ، فَإِذَا فَرَغَ قَالَ عِنْدَ فَرَاغِهِ: سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ يُطِيلُ فِي آخِرِهِنَّ
“Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam biasa shalat witir tiga raka’at. Pada raka’at pertama beliau membaca ‘sabbihisma Rabbikal-A’laa’ (QS. Al-A’laa), pada raka’at kedua beliau membaca ‘qul yaa ayyuhal-kaafiruun’ (QS. Al-Kaafiruun), dan pada raka’at ketiga beliau membaca ‘qul huwallaahu ahad’ (QS. Al-Ikhlaash). Beliau melakukan qunut sebelum rukuk. Apabila beliau telah selesai (dari shalatnya) membaca : subhaanal-malikil-qudduus (Maha Suci Allah Dzat Yang Merajai lagi Suci dari Kekurangan) sebanyak tiga kali dan memanjangkan di bagian akhirnya” [Diriwayatkan oleh Diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no. 1699 & 1701 & 1729, Abu Daawud no. 1430, Ahmad 5/123 (35/80), dan yang lainnya’ dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan An-Nasaa’iy 1/547-548].
76. Ar-Rabb (الرَّبُّ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
بَلْدَةٌ طَيِّبَةٌ وَرَبٌّ غَفُورٌ
“(Negerimu) yaitu negeri yang baik dan (Tuhanmu) yaitu Tuhan Yang Maha Pengampun” [QS. Saba’ : 15].
Juga sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
فَأَمَّا الرُّكُوعُ، فَعَظِّمُوا فِيهِ الرَّبَّ عَزَّ وَجَلَّ وَأَمَّا السُّجُودُ، فَاجْتَهِدُوا فِي الدُّعَاءِ
“Ketika rukuk, maka agungkanlah Ar-Rabb ‘azza wa jalla. Adapun ketika sujud, perbanyaklah berdoa, karena doa kalian berpeluang untuk dikabulkan”[Diriwayatkan oleh Muslim no. 479].
رِضَا الرَّبِّ فِي رِضَا الْوَالِدِ، وَسَخَطُ الرَّبِّ فِي سَخَطِ الْوَالِدِ
“Keridlaan Rabb tergantung keridlaan orang tua, dan kemurkaan Rabb tergantung kemurkaan orang tua” [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy no. 1899, Al-Haakim 4/151 & 152, Ibnu Hibbaan no. 429, Al-Baghawiy no. 3423-3424, dan yang lainnya; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 516].
77. Ar-Rafiiq (الرَّفِيقُ)
Dalilnya yaitu sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
إِنَّ اللَّهَ رَفِيقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ فِي الْأَمْرِ كُلِّهِ
“Sesungguhnya Allah yaitu Ar-Rafiiq, yang mencintai kelembutan dalam segala perkara” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 6927 dan Muslim no. 2593].
78. Ar-Rahiim (الرَّحِيْمُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
فَتَلَقَّى آَدَمُ مِنْ رَبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ
“Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” [QS. Al-Baqarah : 37].
وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ
“Dan Tuhanmu yaitu Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang” [QS. Al-Baqarah : 168].
79. Ar-Rahmaan (الرَّحْمَانُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang” [QS. Al-Faatihah : 1].
الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى
“(Yaitu) Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang bersemayam di atas ‘Arsy” [QS. Thaha : 4].
80. Ar-Raqiib (الرَّقِيبُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
فَلَمَّا تَوَفَّيْتَنِي كُنْتَ أَنْتَ الرَّقِيبَ عَلَيْهِمْ
“Maka setelah Engkau wafatkan (angkat) aku, Engkau-lah Yang mengawasi mereka” [QS. Al-Maaidah : 117].
وَكَانَ اللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ رَقِيبًا
“Dan yaitu Allah Maha Mengawasi segala sesuatu” [QS. Al-Ahzaab : 52].
81. Ar-Rauuf (الرَّءُوفُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
إِنَّهُ بِهِمْ رَءُوفٌ رَحِيمٌ
“Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada mereka” [QS. At-Taubah : 117].
82. Ar-Razzaaq (الرَّزَّاقُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ
“Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Maha Kokoh” [QS. Adz-Dzaariyaat : 58].
83. As-Salaam (السَّلامُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
هُوَ اللَّهُ الَّذِي لا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلامُ
“Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera” [QS. Al-Hasyr : 23].
84. As-Samii’ (السَّمِيعُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَاهِيمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَإِسْمَاعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismaail (seraya berdoa): “Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” [QS. Al-Baqarah : 127].
فَإِنْ آَمَنُوا بِمِثْلِ مَا آَمَنْتُمْ بِهِ فَقَدِ اهْتَدَوْا وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنَّمَا هُمْ فِي شِقَاقٍ فَسَيَكْفِيكَهُمُ اللَّهُ وَهُوَ السَّمِيعُالْعَلِيمُ
“Maka jika mereka beriman kepada apa yang kamu telah beriman kepadanya, sungguh mereka telah mendapat petunjuk; dan jika mereka berpaling, sesungguhnya mereka berada dalam permusuhan (dengan kamu). Maka Allah akan memelihara kamu dari mereka. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” [QS. Al-Baqarah : 137].
85. As-Sayyid (السَّيِّدُ)
Dalilnya yaitu hadits:
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ الشِّخِّيرٍ قَالَ: انْطَلَقْتُ فِي وَفْدِ بَنِي عَامِرٍ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْنَا: أَنْتَ سَيِّدُنَا، فَقَالَ: السَّيِّدُ اللَّهُ، قُلْنَا: وَأَفْضَلُنَا فَضْلًا وَأَعْظَمُنَا طَوْلًا، فَقَالَ: قُولُوا بِقَوْلِكُمْ أَوْ بَعْضِ قَوْلِكُمْ، وَلَا يَسْتَجْرِيَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ
Dari ‘Abdullah bin Asy-Syikhkhiir, ia berkata : Aku pernah pergi dalam rombongan delegasi Bani ‘Aamir kepada Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wa sallam. Lalu kami mengatakan : “Engkau yaitu sayyid kami”. Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “As-Sayyid yaitu Allah”. Kami berkata : “Engkau yaitu orang yang paling mulia dan agung di antara kami”. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallambersabda : “Katakanlah dengan ucapan kalian atau sebagian ucapan kalian, akan tetapi janganlah setan menggelincirkan kalian” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 4806, An-Nasaa’iy dalam Al-Kubraa 9/102-103 no. 10003-10005, dan yang lainnya; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud 3/181].
86. As-Sittiir (السِّتِّيرُ)
Dalilnya yaitu sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
“Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla Maha pemalu dan Maha menutupi. Ia mencintai sifat malu dan sifat menutupi, maka bila seseorang dari kalian mandi hendaklah dia menutup diri” [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 4012, An-Nasaa’iy no. 406-407, dan yang lainnya; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahih Sunan Abi Daawud 2/497].
87. As-Subbuuh (السُّبُّوحُ)
Dalilnya yaitu hadits:
Dari ‘Aaisyah : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallammengucapkan dalam rukuk dan sujudnya : ‘Subbuuhun Qudduusun Rabbul-malaaikati war-ruuh (Mahasuci, Maha Qudduus, Rabb para malaikat dan ruh)” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 487].
88. Ash-Shaadiq (الصَّادِقُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan kepada orang-orang Yahudi, Kami haramkan segala binatang yang berkuku; dan dari sapi dan domba, Kami haramkan atas mereka lemak dari kedua binatang itu, selain lemak yang melekat di punggung keduanya atau yang di perut besar dan usus atau yang bercampur dengan tulang. Demikianlah Kami hukum mereka disebabkan kedurhakaan mereka; dan sesungguhnya Kami yaitu Maha Benar” [QS. Al-An’aam : 146].
89. Ash-Shamad (الصَّمَدُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Allah yaitu Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu” [Al-Ikhlaash : 2].
90. Asy-Syaafiy (الشَّافِيُّ)
Dalilnya yaitu doa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam kepada orang yang sakit:
“Hilangkanlah penyakit wahai Rabb sekalian manusia, dan berilah kesembuhan, Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, dengan kesembuhan yang tidak menyisakan penyakit yang lain” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 5675 & 5743 dan Muslim no. 2191].
91. Asy-Syaakir (الشَّاكِرُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah yaitu Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui” [QS. An-Nisaa’ : 147].
92. Asy-Syahiid (الشَّهِيدُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu” [QS. Al-Buruuj : 9].
93. Asy-Syakuur (الشَّكُورُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri” [QS. Faathir : 30].
94. At-Tawwaab (التَّوَّابُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Tidakkah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan menerima zakat, dan bahwasanya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang?” [QS. At-Taubah : 104].
“Kemudian Allah menerima taubat mereka agar mereka tetap dalam tobatnya. Sesungguhnya Allah-lah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” [QS. At-Taubah : 118].
95. Ath-Thayyib (الطَّيِّبُ)
Dalilnya yaitu sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
“Wahal sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu yaitu Thayyib, Ia tidak menerima kecuali yang baik” [Diriwayatkan oleh Muslim 1015, At-Tirmidziy no. 2989, dan yang lainnya].
96. Al-Waahid (الْوَاحِدُ)
Dalilnya yaitu perkataan Yuusuf ‘alaihis-salaam dalam firman Allah ta’ala:
“Hai kedua penghuni penjara, manakah yang baik, tuhan-tuhan yang bermacam-macam itu ataukah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa?” [QS. Yusuuf : 39].
“(yaitu) hari (ketika) mereka keluar (dari kubur); tiada suatu pun dari keadaan mereka yang tersembunyi bagi Allah. (Lalu Allah berfirman): “Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini?” Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan” [QS. Al-Mukmin : 16].
97. Al-Waarits (الْوَارِثُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan sesungguhnya benar-benar Kami-lah yang menghidupkan dan mematikan dan Kami (pulalah) yang mewarisi” [QS. Al-Hijr : 23].
98. Al-Waasi’ (الْوَاسِعُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan Allah Maha Luas pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui” [QS. Al-Baqarah : 247].
99. Al-Waduud (الْوَدُودُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih” [QS. Al-Buruuj : 14].
100. Al-Wahhaab (الْوَهَّابُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“(Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)” [QS. Aali ‘Imraan : 8].
101. Al-Wakiil (الْوَكِيلُ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan tawakallah kepada Allah. Cukuplah Allah menjadi Pelindung” [QS. An-Nisaa’ : 81].
102. Al-Waliy (الْوَلِيُّ)
Dalilnya yaitu firman Allah ta’ala:
“Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji” [QS. Asy-Syuuraa : 28].
103. Al-Witr (الْوِتْرُ)
Dalilnya yaitu hadits:
Dari Abu Hurairah secara periwayatan (dari Nabi), berkata : “Sesungguhnya Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu. Tidaklah ada yang menghapalnya kecuali ia akan masuk surga. Dan Ia (Allah) yaitu Al-Witr dan Ia menyukai al-witir (yang ganjil)” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 6410].
Ketahui juga 20 sifat wajib Allah dan sifat mustahil bagi Allah serta sifat jaiz Allah yang sebagai seorang muslim diwajibkan untuk mempelajari dan mengetahui terlebih bisa menghafal serta dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala .
Nama Allah Yang Paling Agung
Allah memiliki nama-nama yang sangat banyak sekali, yang biasa kita ketahui dan hafal seperti 99 asmaul husna dan juga 103 nama yang telah diberikan sesuai dalilnya, ada nama Allah yang paling agung di antara nama-nama Allah.
Nama Allah yang paling agung telah disebut Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai Ismullah al-A’dzam.
Ismullah al-A’dzam artinya nama Allah yang paling agung
Dalil 1
Hadist dari Buraidah bin Hashib Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendengar ada orang yang membaca kalimat :
اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِأَنِّى أَشْهَدُ أَنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ الأَحَدُ الصَّمَدُ الَّذِى لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ
Ya Allah, aku memohon kepada-Mu karena aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Yang Maha Esa, yang menjadi tempat bergantung semua makhluk-Nya, tidak beranak dan tidak dilahirkan. Dan tidak ada seorangpun yang sepadan dengan-Nya.
Kemudian beliau Rasulullah bersabda menyebutkan keutamaannya,
وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَقَدْ سَأَلَ اللَّهَ بِاسْمِهِ الأَعْظَمِ الَّذِى إِذَا دُعِىَ بِهِ أَجَابَ وَإِذَا سُئِلَ بِهِ أَعْطَى
Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh orang ini telah meminta kepada Allah dengan ismullah al-a’dzam (nama Allah yang paling agung), dimana, ketika seseorang berdoa dengan menyebut nama itu, maka doanya akan diijabahi. Daan apabila dia meminta kepada Allah dengan menyebut nama itu, maka dia akan diberi.
(HR. Ahmad 23654, Abu Daud 1495, Turmudzi 3812, dan disahihkan Syuaib al-Arnauth).
Dalil 2
Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, bahwa beliau pernah duduk bersama Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sementara ada orang yang shalat. Kemudian orang ini membaca kalimat :
اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِأَنَّ لَكَ الْحَمْدَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ الْمَنَّانُ بَدِيعُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ يَا حَىُّ يَا قَيُّومُ
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu bahwa sesungguhnya segala pujian hanya milik-Mu, tiada sembahan yang benar kecuali Engkau, Yang Maha Pemberi karunia, Pencipta langit dan bumi, wahai Yang Maha Memiliki keagungan dan kemuliaan, wahai Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri.
Mendengar itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
لَقَدْ دَعَا اللَّهَ بِاسْمِهِ الْعَظِيمِ الَّذِى إِذَا دُعِىَ بِهِ أَجَابَ وَإِذَا سُئِلَ بِهِ أَعْطَى
Sungguh dia telah berdoa kepada Allah dengan nama-Nya yang paling agung, yang jika seseorang berdoa kepada-Nya dengan nama tersebut maka Allah akan mengabulkannya, dan jika dia meminta kepada-Nya dengan nama tersebut maka Allah akan memenuhi permintaannya.
(HR. Ahmad 12946, Abu Daud 1497, Nasai 1308, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).
Dalil 3
Hadist dari Asma bintu Yazid, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
فِي هَذه الْآيَتَيْنِ {اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ} وَ {الم اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ} إِنَّ فِيهِمَا اسْمَ اللهِ الْأَعْظَمَ
Sesungguhnya pada dua ayat ini, [اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ] dan ayat [الم اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ] terdapat Ismullah al-A’dzam.
(HR. Ahmad 27611, ad-Darimi 3456 dan dihasankan al-Albani).
Dalil 4
Hadist dari Abu Umamah Radhiyallahu ‘anhu, yaitu :
اسْمُ اللَّهِ الأَعْظَمُ الَّذِى إِذَا دُعِىَ بِهِ أَجَابَ فِى سُوَرٍ ثَلاَثٍ الْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَطَهَ
Ismullah al-A’dzam, apabila orang berdoa dengan menyebut namanya itu maka doanya akan dikabulkan, ada di tiga surat: al-Baqarah, Ali imran, dan Thaha.
(HR. Ibnu Majah 3988, dan dishahihkan al-Albani)
Abu Abdurrahman al-Qosim mengatakan, Akupun mencarinya dalam al-Quran, ternyata :
Di surat al-Baqarah ada di awal ayat kursi,
اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ
Kemudian di surat Ali Imran ada di ayat kedua,
اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ
Dan di surat Thaha ada di ayat 111 :
وَعَنَتِ الْوُجُوهُ لِلْحَيِّ الْقَيُّومِ
(Silsilah as-Shahihah, 2/371).
Berdasarkan 4 dalil hadist shahih diatas semua mengandung Ismullah al-A’dzam ( nama Allah yang paling agung ) diantaranya :
- Allah [الله]
- Al-Ahad [الأَحَدُ]
- As-Shamad [الصَّمَدُ]
- Al-Mannan [الْمَنَّانُ]
- Pencipta langit dan bumi [بَدِيعُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ]
- Pemilik keagungan dan kemuliaan [ذُو الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ]
- Al-Hayyu [الْحَيُّ]
- Al-Qoyyum [الْقَيُّومُ]
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut Ismullah al-A’dzam sebagai pengantar kemujaraban doa dan permohonan hamba menjadi lebih berpeluang untuk dikabulkan.
Nama-nama Allah yang baik, ada yang tidak boleh (dilarang keras) dan ada yang diperbolehkan untuk digunakan dalam memberi nama anak.
1. Nama-nama yang tidak boleh digunakan sebagai nama anak yaitu nama-nama Allah yang mengandung sifat yang hanya khusus dimiliki oleh Allah Ta’ala
Seperti Al Khaliq, Ar Rahman, Al Qayyum, Al Ilah, Ar Razzaq, Al Bari, Ash Shamad dan lainnya
Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam melarang menggunakan nama-nama tersebut, karena di dalamnya terdapat suatu penyerupaan dengan Allah pada nama dan sifat-Nya.
Jadi hanya Allah yang berhak dengan nama tersebut, seperti Al Khaliq yaitu Yang Maha Pencipta maka hanya Allah sajalah sang pencipta segala sesuatu, dan tidak ada sang pencipta selain Allah.
2. Nama-nama yang boleh digunakan sebagai nama anak yaitu nama yang mengandung sifat yang tidak dikhususkan bagi Allah Ta’ala.
Misalnya Al Halim, Al Hakim, Al Aziz, Ar Rahim, Ar Rauf dan lain sebagainya yang semisal.
Meskipun diperbolehkan, tetapi disunnahkan untuk menambahkan nama penghambaan di depannya, yaitu dengan menggunakan kata “abdul” untuk laki-laki, seperti: Abdul Halim, Abdurrahman.
(HR. Abu Daud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ahmad, di-shahih-kan oleh Al-Albani).